Prinsip-prinsip Pembelajaran Efektif abad ke 21
Berdasarkan hasil praktik
penelitian tindakan kelas dalam periode waktu tertentu Smaldino, S. E., dkk
(2015: 23-24) menjelaskan bahwa ada 8 prinsip pembelajaran yang efektif yaitu:
1. Mengkaji pengetahuan
sebelumnya
2. Mempertimbangkan perbedaan
individual
3. Sesuai dengan tujuan negara
(state objectives)
4. Mengembangkan ketrampilan
metakognisi
5. Memberikan interaksi sosial
6. Menggabungkan konteks yang
realistik
7. Melibatkan siswa dalam
konteks yang relevan
8. Pemberian umpan balik yang
sering, tepat waktu, dan konstruktif.
Pembelajaran akan bisa efektif
jika guru sebelum memulai pembelajaran dengan mengingatkan kembali kepada siswa
pada pengetahuan (materi ajar) yang didapat sebelum inti materi yang akan
disajikan. Keberhasilan pembelajaran dikatakan berhasil apabila materi ajar
dapat dipahami dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Keaktifan siswa dapat dicapai apabila guru berperan sebagai fasilitator,
motivator, dan dinamisator selama proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat
memanfaatkan tenologi digital dan media online sebagai sumber pembelajaran
dalam upaya mengaktifkan siswa.
Tidak kalah pentingnya yaitu
menghubungkan materi ajar disesuaikan dengan kehidupan nyata sehari-hari dimana
lingkungan sosial siswa berada. Materi ajar yang bersifat konseptual perlu
dijelaskan melalui berbagai macam contoh yang dialami siswa. Pengalaman nyata
pada kehidupan siswa akan sangat membantu dalam memahami materi ajar yang
disamapaikan oleh guru.
Previous
« Prev Post
« Prev Post
Next
Next Post »
Next Post »
Tidak ada komentar:
Posting Komentar