Pemanfaatan Teknologi dan Media Informasi ke dalam Pembelajaran Abad ke 21
Smaldino, S.
E., dkk (2012:7-9) mengemukakan beberapa kemampuan yang dapat dikembangkan guru
untuk menunjukkan potensinya terkait tugas dan perannya di era digital yaitu
sebagai berikut:
1. Interactive
Instruction (Pembelajaran Interaktif)
2. Personal
Response System (PRS)
3. Mobile
Assessment Tools
Perangkat
seluler tidak hanya menghemat waktu guru tetapi juga menyediakan pengaturan
waktu dan penilaian otomatis hasil belajar siswa. Guru dapat terus melakukan
instruksi secara individual karena ketersediaan hasil belajar langsung dapat
diketahui. Data penilaian mudah diunduh ke situs web yang aman dan dilindungi
kata sandi yang menawarkan berbagai opsi laporan dari seluruh siswa di kelas
hingga siswa secara perorangan.
4. Community
of Practice (Komunitas Praktik)
Penggunaan teknologi dan media yang efektif menuntut agar para guru lebih
terorganisir di dalam menjalankan tugas pembelajarannya. Diawali memikirkan
tujuan pembelajaran, kemudian mengubah rutinitas kelas sehari-hari sesuai
kebutuhan, dan akhirnya mengevaluasi untuk menentukan dampak dari instruksi
yang digunakan pada kemampuan mental, perasaan, nilai, interpersonal skill,
dan keterampilan motoric siswa. Terdapat Standar Teknologi Pendidikan
Nasional untuk Guru (National Educational Technology Standards for Teacher/NETS-T)
yang memberikan lima pedoman dasar untuk menjadi guru digital. Seperti yang
terlihat pada Tabel NETS-T di bawah ini menjelaskan praktik kelas, pengembangan
pelajaran, dan harapan professional.
Standar
|
Deskripsi
|
Memfasilitasi dan Menginspirasi
Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
|
Guru menggunakan pengetahuan mereka
tentang materi pelajaran, pengajaran dan pembelajaran, dan teknologi untuk
memfasilitasi pengalaman yang memajukan pembelajaran siswa, kreativitas, dan
inovasi baik di lingkungan tatap muka dan virtual.
|
Merancang dan Mengembangkan Pengalaman
dan Penilaian Pembelajaran Digital-Age.
|
Guru merancang, mengembangkan, dan
mengevaluasi pengalaman belajar otentik dan penilaian yang menggabungkan alat
dan sumber daya kontemporer untuk memaksimalkan pembelajaran konten dalam
kontak dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang
diidentifikasi dalam NETS-S.
|
Model Kerja dan Belajar Digital-Age.
|
Guru menunjukkan pengetahuan,
keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam
masyarakat global dan digital.
|
Mempromosikan dan Model Digital
Citizenship dan Tanggung Jawab
|
Guru memahami masalah dan tanggung jawab
sosial lokal dan global dalam budaya digital yang berkembang dan menunjukkan
perilaku hukum dan etika dalam praktik profesional mereka.
|
Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional
dan Kepemimpinan.
|
Guru secara terus-menerus meningkatkan
praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan
memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka
dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan
sumber daya secara efektif.
|
Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Guru (National Educational
Technology Standards for Teacher) (NETS-T) oleh Smaldino, S. E., dkk (2015:
9)
Previous
« Prev Post
« Prev Post
Next
Next Post »
Next Post »
Tidak ada komentar:
Posting Komentar