Belajar Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel (MS Excel) adalah program aplikasi pengolah angka/spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan software raksasa Microsoft Corporation. MS Excel terdapat dalam satu paket MS Office. Ada beberapa versi dari MS Excel, diantaranya versi 97, 2000, 2001/XP, 2003, 2007, 2010, 2013 dan yang akan kita bahas disini yaitu  Microsoft Excel (MS Excel) 2007. Ada beberapa cara untuk memanggil MS Excel, yaitu sebagai berikut.
1. Klik Start>All Programs>Microsoft Office>MS Excel 2007;
2. Klik ikon MS Excel 2007 pada desktop (jika terdapat ikon tersebut pada desktop Anda). Silahkan Anda pilih salah satu cara tersebut. Jika sudah dipilih, berikut lingkungan kerja dari MS Excel 2007.

1. Title Bar
Title bar adalah batang yang menampilkan judul dari program yang sedang berjalan dan nama dokumen yang
sedang dikerjakan. Pada title bar ditampilkan pula ikon program di sudut kiri –yang jika diklik kanan akan menampilkan menu popup control menu dan tiga buah Control Command, yakni minimize, maximize/restore dan closeMinimize digunakan untuk menyembunyikan program dan menyimpan pada task bar dengan bentuk tombol (button). Maximized digunakan untuk mengubah tampilan ukuran program satu layar monitor.
Close digunakan untuk menutup program aplikasi.
2. Office Button
Tombol berbentuk bulat dengan logo Office di tengahnya. Tombol ini digunakan untuk memanajemen berkas dokumen (document file) yang akan atau telah diproses oleh Microsoft Office Excel, klik tombol ini, dan Anda akan menemukan beberapa tombol lain di dalamnya, seperti tombol NewOpenSave, dan Print.
3. Ribbon
Ribbon (pita) adalah kontrol baru yang mengganti penggunaan menu dan toolbar pada MS Excel versi terdahulu. Kenapa disebut ribbon (pita), karena bentuknya menyerupai pita yang terpasang dari kiri ke kanan menyerupai pita yang terpasang pada mesin tik atau printer dot matrik. Di dalam ribbon ini disediakan tool-tool (tombol-tombol) untuk mempermudah Anda menggunakan program aplikasi. Tombol-tombol pada ribbon dikelompokkan menjadi beberapa grup tertentu, kemudian di organisasi menjadi beberapa
halaman tab ribbon. Secara default, ribbon menampilkan tujuh halaman tab. yaitu :
a. Ribbon Home
b. Ribbon Insert
c. Ribbon Page layout
d. Ribbon Formula
e. Ribbon Data
f. Ribbon Review
g. Ribbon View
4. Quick Access Tool Bar
Quick Access Toolbar adalah batang yang berisi tomboltombol untuk jalan pintas dari pemanggilan perintah-perintah tertentu. Ini memudahkan Anda untuk mengelompokkan tombol-tombol yang akan sering Anda gunakan, seperti tombol untuk membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, dan mencetak dokumen. Anda dapat menambahkan atau mengurangi tomboltombol yang telah tersedia pada Quick Access Toolbar dengan cara, klik tombol anak panah di ujung kanan Quick Access Toolbar, klik More Commands.
Pada dialog yang ditampilkan, pilih sebuah tombol perintah yang ingin ditambahkan. Sebagai contoh, pilih
tombol perintah New, kemudian klik tombol Add >>. Kemudian, pada daftar tombol yang sudah dipilih, klik
baris New yang tadi Anda pilih, lalu klik tombol anak panah ke atas, untuk mengatur urutan posisi tombol. Tambahkan tombol-tombol lain, dan atur urutan posisinya. Jika perlu tambahkan <Separator> (pembatas) untuk
memisahkan tombol grup. Klik tombol OK, dan lihatlah tampilan tombol Quick Access Toolbar pada tampilan
aplikasi Anda sekarang.
5. Scroll Bar
Scroll bar adalah suatu batang yang digunakan untuk menggulung halaman kertas yang tidak tampak pada layar.
Ada dua buah scrooll bar, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
a. Vertical Scroll Bar
Vertical scroll bar digunakan untuk menggulung kertas ke atas atau ke bawah.
b. Horizontal Scroll Bar
Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung kertas ke kiri atau ke kanan.
6. Status Bar
Status bar adalah suatu batang yang mengandung informasi status atau keadaan suatu program aplikasi yang
sedang dijalankan. Status bar berada di bagian bawah jendela aplikasi, Pada MS Office Word, status bar berisi informasi tentang halaman yang sedang dikerjakan, jumlah kata, dan pengejaan. Di MS Excel 2007, pada status bar terdapat grup tombol yang digunakan untuk mengatur tampilan naskah selain itu juga dibubuhi sebuah slider yang diapit oleh dua tombol “-” dan “+” yang digunakan untuk perbesaran tampilan (zoom) dari
lembaran kerja (worksheet).
7. Mengatur Opsi pada Excel
Jalankan Windows Explorer, buatlah sebuah folder di drive D dengan nama Latihan Excel. Klik Office Button. Kemudian, klik tombol Excel Options . Klik tombol Save pada kotak sebelah kiri. Ubah nilai dari textbox Save AutoRecover information every, menjadi 1 minutes. Hal ini dilakukan agar MS Excel otomatis menyimpan pekerjaan Anda dalam sebuah file backup setiap 1 (satu) menit sekali. Agar ketika terjadi hal tidak diinginkan, seperti mati lampu atau komputer mengalami error, Anda masih mempunyai file cadangan pengerjaan terakhir yang dapat dipanggil kembali.
Pengaturan Save AutoRecover pada 1 menit ini memang akan menyebabkan kinerja Excel menjadi sedikit lambat, karena setiap 1 (satu) menit sekali Excel menyimpan hasil kerjaan Anda pada file Recovery. Akan tetapi, ini akan lebih baik dari pada nantinya kehilangan pekerjaan yang telah dilakukan ketika Anda lupa melakukan proses penyimpanan atau tiba-tiba terjadi mati lampu.
Pengaturan berikutnya adalah pengaturan satuan ukur MS Excel. Klik tombol Advance pada jendela Excel Option. Gulung scrollbar sehingga ditampilkan grup Display. Ubah ruller unit menjadi Centimeters. Hal ini dimaksudkan agar ukuran margin (batas halaman) menggunakan satuan ukur sentimeter. Secara default satuan ukur margin pada Excel adalah Inci. Pengaturan ini akan membantu ketika mengatur ukuran kertas dan batas luar pencetakan.



Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar